Senin, 03 April 2017

Manfaat Buah Durian

Pancake Durian Jogja – Rumor yang mengatakan bahwa buah durian mengandung kolesterol dan alkohol itu keliru. Sebenarnya, 80% kolesterol dihasilkan dari proses sintesa dari dalam tubuh kita sendiri, sedangkan 20% bersal dari lemak hewani. Kadungan alkohol pada buah durian jelas tidak mungkin, sebab tidak ada satu pun tanaman yang menghasilkan alkohol kecuali adanya fermentasi gula dan karbohidrat yang dikandungnya. Lantas, apakah buah durian itu berbahaya atau justru baik untuk kesehatan?

Berikut adalah manfaat buah durian yang telah dirangkum oleh Gerobak Duren melalui situs Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia:

Mencegah Depresi: Buah durian dapat mencegah depresi karena mengandung tryptophan, yaitu salah satu jenis asam amino yang dapat diubah oleh tubuh menjadi serotonin. Serotonin inilah yang membuat tubuh menjadi rileks, meningkatkan mood dan membuat perasaan menjadi riang gembira.

PMS (premenstrual syndrome): Vitamin B6 yang dikandung durian meregulasi kadar gula darah yang akan meningkatkan mood anda.

Mencegah Anemia (kurang darah): Buah durian mengandung kadar besi tinggi, sehingga durian dapat merangsang produksi haemoglobin dalam darah yang dapat membantu penderita anemia.

Menekan tekanan darah: Buah durian mengandung kalium yang sangat tinggi, tetapi kadar garam rendah. Hal ini yang membuat buah durian dapat menekan tekanan darah yang dapat mengurangi resiko stroke dan tekanan darah tinggi.

Brain Power : Menjadikan buah durian sebagai sarapan, camilan serta makan siang dapat mendorong kecerdasan siswa. Hal ini disebabkan buah durian mempunyai kandungan kalium yang sangat tinggi yang dapat membantu siswa untuk lebih fokus pada pelajaran.

Melancarkan BAB: Buah durian mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan dan melancarkan BAB.

Mabuk perjalanan, kelelahan: Buah durian dapat mengatasi mabuk perjalanan dan kelelahan dengan cara membuat milkshake durian yang dicampur madu. Durian berfungsi menenangkan perut, sedangkan madu akan menaikan kadar gula darah, serta susu akan me-rehidrasi untuk meredakannya.

Meredakan nyeri lambung: Buah durian dapat menyembuhkan nyeri perut karena buah durian memiliki efek antacid alamiah pada tubuh.

Menghindari mual (Morning Sickness): Untuk menghindari mual, makanlah buah durian sebagai makanan pendamping karena dapat menjaga kadar gula darah dan menghindari mual.

Mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk: Selain buahnya, kulit durian bagian dalam bermanfaat untuk mengurangi bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk dengan cara menggosokan kulit durian bagian dalam pada bagian tubuh yang digigit nyamuk.

Memperbaiki system syaraf: Buah durian mengandung vitamin B yang dapat memperbaiki kerusakan sistem syaraf.

Mengontrol diet bagi orang kegemukan: Untuk menghindari ngemil akibat stres, dibutuhkan makanan berkadar karbohidrat tinggi setiap 2 jam untuk menjaga kestabilan. Durian memiliki kadar karbohidrat 20% hingga 39% yang dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat tubuh pada saat stres.

Radang saluran pencernaan: Durian memiliki tekstur lunak dan lembut sehingga dapat mencegah penyakit saluran pencernakan. Durian juga menetralisir kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding perut.

Pengontrol suhu badan: Ternyata, selama ini asumsi mengenai buah durian yang meningkatkan suhu tubuh itu keliru karena justru durian mampu menurunkan suhu tubuh dan menjadi “pendingin”.

Mencegah stress: Kandungan kalium yang tinggi pada buah durian dapat membantu menormalkan denyut jantung, mengirim oksigen ke otak dan meregulasi keseimbangan air dalam tubuh. Pada saat stres, metabolisme meninggat dan menyebabkan tubuh kekurangan kadar kalium. Buah durian dapat menyeimbangkan kembali kadar kalium dalam tubuh.

Mengurangi resiko stroke: Mengkonsumsi buah durian sebagai bagian dari menu harian dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke sampai 40%.

Obat luka: Durian dapat menjadi obat penyembuhan pada luka dengan cara mengambil sebagian durian dan tempelkan pada luka kemudian dibalut.

Demikianlah manfaat buah durian. Hal ini dapat mematahkan rumor bahwa memakan buah durian mengakibatkan efek negatif pada tubuh. Menjadi catatan, efek negatif yang terjadi akibat makan durian diakibatkan karena memakan dalam porsi berlebihan dan energi tidak tersalurkan sehingga mengakibatkan terganggunya keseimbangan tubuh.

Gerobak Duren menyarankan makan buah durian cukup 100 – 200 gram setiap kali makan, serta jangan mencampur durian dengan alkohol dan hindari makan durian menjelang tidur.


——————–
Kata Kunci: durian, pancake durian, pancake durian medan, pancake durian jogja, pancake durian yogya, pancake durian yogyakarta, pancake durian purwodadi, pancake durian pati, pancake durian temanggung, pancake durian ambarawa, pancake durian semarang, pancake durian jakarta, pancake durian cirebon, pancake durian bali, durian kupas medan, daging durian medan, durian cup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Offline

Jalan Prapanca 1E, Gumuk Indah, Jomegatan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul - Yogyakarta 55182
(Belakang SMKI/SMM/SMSR)

Email: gerobakdurenjogja@gmail.com
WA: 08995568392
Telp/SMS: 085227008468
BBM: 5CB63011